Close

Rapat Kerja Nasional Organisasi Masyarakat Sipil untuk Kabupaten Siak Hijau

Keberadaan Kabupaten Siak Sebagai Kabupaten Hijau turut mendapatkan dukungan dari organisasi masyarakat sipil baik yang berada di propinsi Riau maupun di tingkat nasional. Untuk itu, konsolidasi dan sinergisitas program kerja CSO untuk mewujudkan kabupaten hijau menjadi prioritas agar dukungan kepada pemerintah bisa terlihat lebih konkrit dan sejalan. Oleh sebab itu, pada tangal 29 september 2017 yang lalu beberapa CSO baik lokal maupun nasional mengadakan sebuah diskusi yang ditaja dalam acara rapat kerja nasional organisasi masyarakat sipil untuk Kabupaten Siak Hijau.

Acara rapat kerja nasional yang ditaja oleh Perkumpulan Elang dan Yayasan Madani Berkelanjutan ini dihadiri oleh 17 CSO lokal dan nasional, yaitu Perkumpulan Elang, Yayasan Madani Berkelanjutan, Yayasan Mitra Insani, Fitra Riau, Jikalahari, Jaringan Masyarakat Gambut Riau, Walhi Riau, Sekretariat Lingkar Temu Kabupaten Leestari (LTKL), Rainforest Alliance, Winrock, CSF, Koaksi, Serikat Petani Kelapa Sawit, WRI Indonesia, Eco Nusantara, Kaliptra dan Greenpeace Indonesia.

Acara yang dimulai pada pukul 9 pagi ini dibuka oleh Direktur Perkumpulan Elang, Janes Sinaga dengan sedikit pemaparan mengenai maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan hal-hal yang berkaitan dengan Kabupaten Hijau atau kabupaten lestari oleh beberapa pemateri. Materi pertama mengenai Kabupaten Hijau, konsep dan situasi kekinian disampaikan oleh Susanto Kurniawan. Materi kedua, Peran LTKL dalam Mewujudkan Kabupaten Hijau yang disampaikan oleh Perwakilan sekretariat LTKL, Kestri Ariyanti. Materi ketiga, Pembangunan berkelanjutan berbasis yurisdiksi; Konsep, Implenentasi dan pembelajaran yang bisa diambil disampaikan oleh Joko Arif, Packard Foundation.

Setelah sesi penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan sesi curah pendapat dan diskusi mengenai kegiatan yang telah dilakukan dan yang akan dilakukan oleh masing-masing CSO di Kabupaten Siak dalam konteks mendukung program Kabupaten Hijau. Masing-masing CSO menyampaikan keinginan nya untuk berkontribusi dalam hal mendukung program kabupaten hijau dengan menawarkan program-program yang berragam.

Dalam rapat kerja ini juga diputuskan untuk membentuk sebuah forum bersama bagi semua CSO yang ingin berkontribusi mendukung program Kabupaten Hijau. Forum ini akan menjadi sarana diskusi bersama serta sarana untuk bersinergi bagi semua CSO yang berkegiatan di Kabupaten Siak khususnya dalam hal program yang berkaitan dengan Kabupaten Hijau. Semua CSO yang hadir sepakat untuk menjadi bagian dari forum ini, dan secara bersama-sama juga menyepakati untuk memberikan nama forum tersebut dengan SEDAGHO SIAK.

Di dalam acara ini juga disepakati untuk membuat sebuah deklarasi yang berisi dukungan dari semua anggota Sedagho Siak kepada Pemda kabupaten Siak untuk mendukung program Kabupaten HIjau. Deklarasi ini ditanda-tangani oleh semua anggota Sedgho Siak dan nantinya juga akan ditandatangani oleh Pemda Siak sebagai bentuk komitmen bersama dalam mensukseskan program Kabupaten Hijau di Siak.

Sebelum ditutup, peserta rapat kerja membahas point-point apa yang akan disampaikan kepada Pemda Siak nantinya dalam rapat kerja bersama Pemda Siak pada tanggal 20 September 2017, esok harinya. Rapat Kerja bersama Pemda Siak juga merupakan rangkaian dari kegiatan rapat kerja nasional ini yang akan diadakan di Kantor Bupati Kabupaten Siak.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *