Close

Penandatanganan MOU Kerjasama antara Kabupaten Siak dengan Winrock Internasional bersama Perkumpulan Elang

Sehubungan dengan program Kabupaten Hijau di Kabupaten Siak yang telah dicanangkan pada tahun 2016 lalu, Perkumpulan Elang bersama Winrock Internasional berinisiatif untuk turut mendukung Pemerintah Kabupaten Siak dalam mencapai tujuannya. Inisiatif dukungan dari Perkumpulan Elang bersama Winrock Internasional ini telah mendapat respon positif dari pemerintah daerah Kabupaten Siak.

Untuk itu, Perkumpulan Elang bersama Winrock Internasional mengadakan workshop guna mencanangkan program kerja sama antara Kabupaten Siak dan Perkumpulan elang bersama Winrock Internasional terkait program kabupaten hijau. Workshop ini diadakan pada hari kamis, 27 April 2017 di Siak Sri Indrapura. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk merumuskan formulasi kerja sama antara Winrock Internasional bersama Perkumpulan Elang dengan Kabupaten Siak, demi tercapainya tujuan dari Program Kabupaten Hijau yang kemudian dirumuskan ke dalam kesepakatan kemitraan dengan penandatanganan MOU kerjasama.

6

Workshop yang diadakan di ruang meeting hotel Grand Mempura Siak ini dihadiri oleh berbagai stakeholder terkait, diantaranya Bupati Kabupaten Siak yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh asisten III Setda Kab Siak, H Jamaluddin, Bappeda Kabupaten Siak, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Siak serta perwakilan masyarakat Kabupaten Siak. Dari unsur lembaga non pemerintahan (NGO) dihadiri oleh Jikalahari (Jaringan kerja penyelamat hutan Riau), JMGR (Jaringan Masyarakat Gambut Riau) dan World Research Internasional (WRI).

Workshop ini juga menghadirkan perwakilan dari kementerian dalam negeri yaitu Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintah Daerah I, Lingkungan Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah, Bpk Ala baster. Kehadiran beliau guna memberikan arahan kunci mengenai pola kerjasama antara pemerintah daerah dengan lembaga asing/internasional.

4

Acara workshop dibuka secara resmi oleh bupati Siak yang diwakili Asisten III Setda Kab Siak, H. Jamaluddin pada pukul 11.30 hingga pukul 12.15 wib. Setelah istirahat sholat dan makan, acara dilanjutkan pada pukul 14.30 wib,  dengan pemaparan pola kerjasama serta mekanisme persyaratan kerjasama antara pemerintah daerah dengan lembaga lokal maupun internasional oleh Bpk Ala Baster. Setelah pemaparan dari Bpk Ala  Baster, dilanjutkan dengan pemaparan mengenai Winrock Internasional serta tujuan dan program winrock Internasional oleh Mr. Michael Netzer. Pada pukul 15.30, dilakukan penandatanganan MOU kerjasama antara Kabupaten Siak yang diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Siak dan Winrock Internasional bersama Perkumpulan Elang. Dengan penandatanganan kerjasama ini diharapkan kedepannya Winrock Internasional Bersama Perkumpulan Elang dapat memberikan dukungan maksimal guna menjadikan Siak sebagai Kabupaten Hijau yang berhasil.

5

Setelah penandatanganan MOU kerjasama, workshop dilanjutkan dengan presentasi dan diskusi ringan terkait hal-hal yang berhubungan dengan program kabupaten hijau. Workshop ini berakhir pada pukul 16.30 wib.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *