Close

Membangun Danau Naga Sakti Menjadi Primadona Wisata di Kabupaten Siak


SIAK, elang.or.id – Danau Naga Sakti yang berada di wilayah Desa Dosan, Kecamatan Pusako, Kabupaten Siak saat ini sudah mulai dikenal oleh masyarakat Siak sebagai tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Hal ini merupakan buah dari usaha dan kerja keras masyarakat bersama Perkumpulan Elang menjadikan danau yang berada di kawasan hutan kelola masyarakat tersebut sebagai kawasan ekowisata yang menjadi primadona untuk dikunjungi. Hasilnya mulai terlihat dua bulan belakangan, Danau Naga Sakti telah menjadi daftar kunjungan masyarakat setiap akhir pekan dan hari libur nasional.

Banyaknya kunjungan wisatawan ini juga dikarenakan fasilitas yang tersedia dan arena bermain di sekitar danau yang sudah mulai terbuka. Saat ini sudah tersedia wahana bebek dayung untuk para pengunjung yang ingin menjelajahi danau. Bagi pengunjung yang ingin beristirahat dan menikmati suasana danau dari tengah juga sudah disediakan pondok terapung yang dibangun oleh masyarakat bersama Perkumpulan Elang. Pemerintah kabupaten  Siak juga turut andil dalam menyediakan fasilitas pendukung wisata seperti kayak dan perahu dayung yang mampu mengangkut penumpang mengelilingi bentang danau yang masih asri tersebut.

Pengunjung dapat menikmati bentang danau dengan menggunakan perahu dan singgah di pondok terapung

Untuk mendukung pengembangan konsep ekowisata atau pengembangan wisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan, di areal Danau Naga Sakti juga tengah dipersiapkan lokasi camping ground serta arena pelatihan dan pendidikan. Saat ini, bagi pengunjung yang ingin merasakan suasana camping di Danau Naga Sakti sudah tersedia lokasi untuk mendirikan tenda dengan view langsung menghadap danau.

Menikmati suasana camping di Danau Naga SaktiMenikmati suasana camping di Danau Naga Sakti

Untuk saat ini, konsep ekowisata Danau Naga Sakti belum terrealisasi sepenuhnya. Masih butuh banyak pembenahan serta penambahan fasilitas maupun perbaikan ekosistem di sekitar danau. Perkumpulan elang bersama masyarakat tengah mempersiapkan perencanaan zonasi kawasan ini untuk mewujudkan mimpi bersama menjadikan Danau Naga Sakti sebagai kawasan wisata yang mendukung konsep pelestarian lingkungan dan konservasi ekosistem gambut di Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Siak.

Master Plan Zonasi Ekowisata Danau Naga Sakti

Dukungan dari berbagai pihak tentu saja sangat dibutuhkan untuk mewujudkan mimpi bersama ini, terutama dukungan dari pemerintah dan stakeholder terkait.(Besta)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *